Facebook

Diberdayakan oleh Blogger.

The Best Manuka Honey Products

The Best Manuka Honey Products

Video Of the Day

IDENTIFIKASI GLIKOSIDA UNIK LEPTOSIN (LEPTOSPERIN) SEBAGAI PENANDA KIMIA MADU MANUKA

(Journal of Agricultural and Food Chemistry, March 18, 2012)
Penelitian dilakukan oleh tim ilmuwan sebagai berikut :
Yoji Kato, Natsuki Umeda, Asuna Maeda, Daiki Matsumoto, dan Noritoshi Kitamoto dari School of Human Science and Environment, University of Hyogo, Himeji, Hyogo, Japan, serta
Hiroe Kikuzaki, dari Faculty of Human Life and Environment, Nara Woman’s University, Nara, Japan.



Madu telah lama digunakan sebagai obat selama ribuan tahun. Diantara berbagai jenis madu, madu dari bunga manuka (Leptospermum scoparium atau Leptospermum polygalifolium) menunjukkan aktivitas antibakteri yang kuat. Aktivitas antibakteri madu manuka distandarkan sebagai ekuivalen dari konsentrasi fenol, yang diekspresikan sebagai nilai Unique Manuka Factor (UMF®). Telah ada banyak penelitian tentang senyawa antibakteri dalam madu manuka, dan metilglioksal (MG) telah diidentifikasi sebagai salah satu kontributor utama terhadap aktivitasnya tersebut. Laporan akhir-akhir ini juga menunjukkan bahwa metilglioksal secara parsial bertanggungjawab  terhadap aktivitas antibiofilm madu manuka. Metilglioksal secara luas dapat ditemukan dalam makanan, dan merupakan salah satu metabolit dari jalur glikolisis. Reaksi glikasi non enzimatik juga menghasilkan metilglioksal yang kemudian bereaksi dengan molekul-molekul biologis lain  untuk membentuk advanced glycation end products (AGE).

Madu memiliki berbagai sifat bioaktif dan sifat medis. Madu telah digunakan untuk merawat penyakit perncernaan (dyspepsia gastrointestinal) atas, untuk penyembuhan luka luar, dan seterusnya. Meskipun madu manuka memiliki aktivitas antibakteri melawan Helycobacter pylori, namun ia tidak dapat mengeliminasi secara total.

Konsumsi daun manuka oleh burung parkit  mengubah sifat tingkah laku berkembang biak, menandakan bahwa beberapa senyawa dalam daun manuka dapat bertindak sebagai insektisida. Penelitian terbaru menyatakan madu manuka dapat mengurangi pembentukan plak gigi, sebuah  lapisan biofilm yang berkembang di permukaan gigi, secara signifikan lebih baik dari permen karet xylitol. Namun, mekanisme yang mendasari tindakan-tindakan biologis dari manuka dan madunya masih belum jelas.  Dikarenakan madu manuka adalah madu mahal dan banyak digunakan untuk tujuan  medis, sebuah penanda kimia spesifik akan sangat berguna untuk identifikasi dan penetapan mutu. 

Madu telah lama digunakan untuk berbagai tujuan pengobatan, termasuk pengobatan luka luar, pengurangan peradangan dan gastroenteritis, untuk aktivitas antioksidan, dan sebagai obat mujarab untuk penyakit mata. Meskipun demikian, mekanisme dibalik aktivitas-aktivitas biologisnya belum jelas. Madu manuka memiliki aktivitas antibakteri, yang sering diekspresikan sebagai unique manuka factor (UMF®). Dalam laporan ini, kami mendeskripsikan  isolasi dan identifikasi glikosida unik  metyl syringat dalam madu manuka. Gikosida unik ini ditemukan hampir secara eksklusif  dalam madu manuka, oleh karena itu ia dapat menjadi penanda kimia yang baik. Lebih lagi, glikosida bertanggungjawab terhadap aktivitas pengobatan madu manuka. Disini, kami mengidentifikasi glikosida unik dari metil syringat, yaitu methyl syringe 4-O-ß-D-gentibiose tersebut, (dijuluki leptosin atau leptosperin mengacu pada kata Leptospermum) dari madu manuka, sebuah mono-glikosida dari MSYR, methyl syringat 4-O-ß-D-glycopyranoside telah diidentifikasi dalam buah anise (Pimpinella anisum L., Umbelliferae). Kami dapat mendeteksi monoglikosida dari MSYR dalam anise, namun tidak glikosida uiknya, leptosin.

Leptosin terdeteksi dalam madu manuka secara karakteristik. Namun pada madu non manuka dari daerah Oceania juga  menunjukkan  kadar leptosin, namun dalam jumlah yang sangat sedikit. Ada beberapa penjelasan yang mungkin atas kontaminasi leptosin  terdapat dalam beberapa madu monofloral non manuka dari Ocenia. Pertama, meskipun madu dilabelkan sebagai madu monofloral honey, namun lebah mengumpulkan serbuk sari dan nektar tidak hanya dari spesies tanaman tunggal, namun juga dari pohon bunga di area tersebut.  Yang kedua, pabrik madu mungkin menggunakan lini proses yang sama untuk memproses madu manuka dan madu lainnya.


Korelasi  antara leptosin dan UMF®.  menunjukkan bahwa  leptosin memiliki aktivitas antibakteri, atau meningkatkan efek antibakteri dari bakterisida. Kami juga menganalisa aktivitas antibakteri menggunakan S. aureus, bakteri pathogen  yang dikenal luas digunakan  dalam uji bakterisidal madu. Hanya konsentrasi yang tinggi akan glikosdida  MSYR yang sanggup menghambat bakteri. Telah dilaporkan bahwa senyawa-senyawa fenolik dalam madu bukan senyawa aktif utama  untuk aktivitas antibakteri.  Malah,  metilglioksal  yang tampaknya menjadi konstituen antibakteri dominan pada madu manuka. Tetapi, senyawa aktif type non aldehid juga berkontribusi untuk aktivitas antibakteri. Dan aktivitas antibakteri juga diasosiasikan dengan fraksi karbohidrat  dari madu. Studi lanjut diperlukan untuk mengkarifikasi hubungan antara aktivitas antibakteri dan kandungan leptosin.



Kesimpulannya, kami telah mengidentifikasi glikosida unik leptosin sebagai senyawa karakterisitik  unik dari madu manuka. Ada hubungan yang positif  antara kandungan lepstosin dan nilai UMF®.  Meskipun aktivitas biologis dan jalur biosintesis glikosida senyawa leptosin  tidak diketahui saat ini, namun ini bisa menjadi penanda kimia yang baik untuk kemurnian madu manuka. Uji lebih lanjut atas jalur biosintesis glikosida akan lebih berguna untuk mengklarifikasi  proses pematangan madu, dan mungkin membantu menjelaskan beberapa efek pengobatannya.








SARAN UNTUK KONSUMEN
Pastikan anda hanya membeli madu manuka UMF®   berlisensi  dikarenakan setiap madu manuka yang tergabung dalam UMFHA dan telah memiliki lisensi UMF® telah diaudit mutu, keaslian dan kebenaran klaim labelnya oleh laboratorium independent pada saat produksi dan post market. UMFHA sebagai asosiasi produsen madu manuka  UMF®mengeluarkan dana yang besar untuk secara rutin mengembangkan penelitian secara ilmiah terkait senyawa unik dan aktivitas biologis dalam madu manuka, dan mengevaluasi parameter-parameter mutu dan keaslian madu manuka yang diproduksi oleh setiap anggotanya sehingga konsumen akan dapat dengan yakin bahwa produk madu manuka UMF® berlisensi  yang mereka beli memiliki jaminan mutu tertinggi di pasaran.

Setiap madu manuka UMF® yang dihasilkan harus melalului beberapa tes ulang mutu diantaranya adalah :
1. Metilglioksal sebagai antibakteri utama pada madu manuka, untuk mengetehui asal senyawa dan total jumlahnya
2. Dehidroxyacetone (DHA) sebagai prekursor metilglioksal alami pada madu manuka
3. Hidroxymetilfurfural (HMF) sebagai parameter kerusakan atau pemansan pada madu
4. Kadar gula glukosa, fruktosa, sukrosa, dan antiobiotik
Madu Manuka Streamland merupakan salah satu  madu manuka UMF® berlisensi yang merupakan anggota UMFHA dengan nomor lisensi 2010. Madu Manuka Streamland  telah melalui program pengawasan mutu yang ketat pada saat produksi dengan nomor RMP (Risk Management Program)  SLP8. Produk Madu Manuka Streamland juga telah terdaftar di BPOM RI untuk memenuhi regulasi madu asli Indonesia sesuai SNI 01-3545-2004. 
Untuk mengetahui  Daftar Harga Madu Manuka lengkap, dapat diklik di link berikut ini :

MENENTUKAN KEASLIAN MADU MANUKA


Produk-produk kami telah tersedia di supermarket-supermarket premium, klinik kesehatan, klinik herbal, dan beberapa  apotik terkemuka di Jabotabek, Surabaya, Medan, Bandung, Bali, Balikpapan, dan Palembang.

Untuk inquiry dan pemesanan, hubungi nutritionist dan customer service kami di

Mobile : 088262263390          
WA       :  082123570024


https://api.whatsapp.com/send?phone=+6282123570024&text=Halo%20Admin,%20%20Saya%20Ingin%20Pesan%20Produknya.


email : madumanukaindonesia@gmail.com

Baca Juga :
































































Keyword : madu manuka jakarta, madu manuka hipoglikemia, madu manuka untuk kesuburan, manfaat madu manuka untuk kesuburan, khasiat madu manuka untuk kesuburan, madu manuka kesuburan, madu manuka indonesia, madu manuka jabotabek, madu untuk kesuburan, madu kesuburan, jual madu manuka, beli madu manuka,  madu new zealand, madu selandia baru, madumanuka, madumanukakesuburan, madumanukaindonesia, madumanukajabotabek, maduuntuk kesuburan, madukesuburan, jualmadumanuka, belimadu manuka, madunewzealand, maduselandiabaru, madu terbaik, madu berkualitas,
Madumanuka, madu manuka, madu manuka Indonesia, madumanuka Indonesia, madumanukaindonesia,madu manuka di Indonesia, madu manuka Jakarta, madu manuka kesuburan, madumanukakesuburan, madu kesuburan, madu kesehatan, madu new Zealand, madu selandia baru, madu untuk kesuburan, madu untuk hamil, madu hamil, madu terbaik, madu radang tenggorokan, madu helicobacter pylori, madu manuka jabodetabek, manuka honey Indonesia, distributor madu manuka, distributor manuka honey Indonesia, distributor manuka honey Jakarta, madu infeksi, madu alami, madu organik, madu manuka  beli dimana, madu manuka jual, jual madu manuka, madu manuka jual dimana, harga madu manuka, harga manuka honey, jual madu manuka asli, jual madu manuka murah, jual madu manuka dimana, jual madu manuka jabotabek, jual madu manuka murni, madu murni, madu manuka murni,madu untuk infeksi


Share on Google Plus

About Madu Manuka

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.situs.web.id